Media Penanaman Cabai di Ladang atau Polybag

Media Penanaman Cabai di Ladang atau Polybag / Pot
Sumber Gambar (http://tanamanbawangmerah.blogspot.co.id)

Pengolahan tanah untuk media tanam merupakan suatu unsur penting setelah tanaman cabai yang sudah di semai untuk di pindah ke media tanam. Pengolahan media tanama merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya cabai. Tujuan terpenting pengolahan tanah untuk media tanam adalah penggemburan tanah dan pencampuran pupuk sehingga di dapatkan tempat untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai. Pengolahan tanah pada umumnya mempunyai tujuan untuk memperbaiki struktur tanah dan aerasai tanah agar pertumbuha akar dan penghisapan zat hara oleh tanaman cabai dapat berlangsung dengan baik. Pada artikel kali ini Cabaipedia akan membahas media tanam untuk penanaman cabai yang bisa di lakukan di kebun atau lahan dan media tanam yang memakai pot / polybag.
Baca (Media Semai Cabai dan Penyemaian Benih Cabai)

#Media tanam Cabai di Kebun / Ladang

Media tanam Cabai di Kebun / Ladang
Sumber Gambar (http://mitalom.com)

Yang harus di lakukan untuk media tanam seperti di ladang atau kebun adalah mencangkul/mentraktor. Dalam pengolahan tanah yang perlu diperhatikan yaitu pembuatan bedengan dengan ukuran panjang sesuai kebutuhan, lebar 110 - 120 cm dan tinggi kurang lebih 30 cm atau di sesuaikan dengan musim tanam. Tujuan pembuatan bedengan adalah memudahakan pemeliharaan dan untuk menghindari genangan air.
Pemberian kompos ke dalam lubang tanam sebanya 0,5 kg bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah sehingga meningkatkan draenese, porositas dan kapasitas menekan air dan mensuplai berbagai unsur hara.
Tanah dapat diolah dengan menggunakan cangkul atau traktor. adapun tanah yang diolah dengan menggunakan traktor untuk penanaman cabai yaitu dengan kedalama kurang lebih 25 cm. Pengolahan tanah tersebut di lakukan 2 kali, selain itu di lakukan pembuatan gundukan dengan lebar kurang lebih 1,1 meter dan panjangnya di sesuaikan dengan lahan. Di damping tujuan tersebut di atas, pengolahan tanah adalah untuk menyiapakan media yang baik untuk pertumbuhan cabai. Lubang tanam di buat dengan jarak tanam yang berbeda beda yaitu 60 x 50 cm, 60 x 60 cm dan ukuran lubang tanam 20 x 20 x 20 cm.
Diantara gundukan gundukan dibuat saluran draenase dengan lebar 30 cm dan dalam 30 cm. Apabila musim hujan saluran draenase di buat lebih dalam dengan tujuan memudahkan dalam pengaturan air sehingga tidak merusak tanaman.
Pupuk dasar yang di berikan pada tanaman cabai adalah pupuk kandang, urea, TSP dan KCL. Pupuk kandang di berikan kurang lebih 1kg per lubang tanam, pupuk kandang yang di gunakan adalah kotoran ayam karena kotoran sapi atau kambing masih sering terdapat biji dari gulma yang tidak tercerna akan tumbuh di media tanam cabai dan akan menggangu pertumbuhan tanaman. Pupuk dasar yang di berikan selain pupuk kandang adalah urea, TSP dan KCL dengan dosis 10 graam, 15 gram dan 10 gram per lubang tanam. Ketiga pupuk tersebut di campur dan di masukan ke dalam lubang tanam, kemudian aduk aduk menggunakan cangkul. Lubang tanam yang telah di beri pupuk dasar di biarkan atau di istirahatkan selama 1 minggu dengan tujuan supaya pupuk terurai pada saat bibit cabai yang telah di semai di pindahkan.
Yang harus di perhatikan selanjutnya adalah pemasangan plastik mulsa, tujuanya adalah untuk melindungi tanah, mengurangi penguapan air tanah dan mencegah pertumbuhan gulma. Cara pemasangan mulsa sangat mudah, tetapi harus di perhatikan dalam pemasangan mulsa yaitu warna hitam menghadap ke tanah dan warna silver menghadap ke atas. Waktun pemasangan lebih baik di lakukan saat siang hari saat matahari terik, makasudnya adalah agar plastik dapat merekat erat di bedengan. Jika menggunakan mulsa plastik bedengan yang baik adalah ukuran lebar 1,2 meter, panjang makasimal 15 meter, tinggi bedengan 0,3 meter dan jarak antar bedengan 0,4 meter. Setelah bedengan sudah siap maka tebarkan pupuk an organik jenis pupuk untuk penyubur tanah untuk bertanam cabe yaitu Za, Urea, TSP dan KCI komposisi sesuai kebutuhan sambil di aduk sampai rata. Setelah pupuk an organik di tebar tutup dengan plastik mulsa. Setelah itu benih cabe yang sudah di semaikan selama 3 - 4 minggu di pindahkan ke media tanam yang telah di siapkan.

# Media Tanam Cabai di Pot /  Polybag

Media Tanam Cabai di Pot /  Polybag
Sumber Gambar (http://rumahagri.blogspot.co.id)

Pertama yang harus di lakukan jika ingin membuat media tanam di pot/polybag adalah mencampurkan media tanah dengan pupuk kandang, selain itu bisa di berikan tambahan pupuk kompos. Perbandingan untuk di campur yaitu 1 : 1 : 1. Setelah media tanah sudah di campur, langkah berikutnya adalah menyiapkan pot/polybag. Jika anda menggunakan polybag, ukuran yang baik adalah berdiameter lingkaran 30 cm. Begitu juga dengan pot usahakan lebih dari 30 cm, Pot bisa anda gunakan kaleng, ember bekas yang sudah tidak terpakai. Setelah campuran tanah dan pupuk dimasukan ke pot/polybag diamkan selama 2 minggu sebelum Benih cabai yang sudah di semai di pindahkan. Satu minggu sebelum benih cabai di pindah media tanam pot/polybag di siram dengan larutan perangsang untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabai. Langkah selanjutnya setelah media tanam siap dan benih yang di semai siap di pindahkan, Benih yang telah di semai siap di pindahakan. Usahakan pemindahan di lakukan pada sore hari, Sebelum benih di pindah pot/polybag di siram terlebih dahulu kemudian buat lubang di tengah tengah pot/polybag. Jika sebelumnya penyemaian di lakukan tanpa menggunakan polybag, caranya adalah dengan cara mengangkat benih dengan dengan hati hati dan menyertakan tanah dari media semai. Tetapi jika benih di semai dalam polybag langsung saja robek dengan perlahan agar tanah tidak terhambur, lalu pindahkan ke media tanam. Setelah di pindahkan pada media tanam siram dengan air secukupnya dan diamkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama 4 - 5 hari, setelah benih beradaptasi dengan media tanam selama 4 - 5 hari bisa langsung di pindahkan ke daerah yang terkena matahari langsung.
Baca (Cara Perawatan Tanaman Cabai)
Itulah beberapa tips untuk membuat media tanam cabai di ladang atau kebun dan di pot/polybag. Media tanam sangat menentukan apakah tanaman cabai dapat tumbuh dengan subur atau tidak. setelah semua tanaman cabai yang di pindah dari media semai ke media tanam, Langkah berikutnya adalah perawatan tanaman cabai.

Komentar