Media Semai Cabai dan Penyemaian Benih Cabai

Media Untuk Penyemaian Cabai
Sumber Gambar (http://kampoengilmu.com)

Media semai cabai berbeda dengan media tanam cabai, yang dimaksud dengan media semai cabai adalah tempat untuk tumbuhnya benih cabai dari kecambah sampai dengan menjadi pohon cabai yang mempunyai 4 sampai 6 daun. Fungsi dari penyemaian benih cabai adalah agar kita mudah untuk menyeleksi cabai yang cacat atau tumbuhnya kurang baik. Media semai yang baik untuk di taburi benih cabai adalah media semai yang Gembur, Subur, Kaya Unsur Hara dan bebas dari Bakteri Patogen.
Baca (Cara Membuat Benih Cabai Sendiri)

#Cara Membuat Media Semai Benih cabai

Cara Membuat Media Semai Benih cabai
Sumber Gambar (http://www.klinikpertanianorganik.com)

1. Carilah tanah yang banyak terkadung humus (tanah yang subur). Tanah yang memiliki kualitas baik adalah tanah yang di ambil di bawah pohon bambu, Sebaiknya ambil tanah di permukaan saja. Jangan ambil tanah di bawah dari 5 cm dari permukaan tanah. Tanah di sekitar pohon bambu sangat baik di gunakan karena sangat banyak terkandung bakteri yang dapat menguntungkan bagi tanaman. Jika di sekitar anda tidak di temukan pohon bambu, bisa menggunakan tanah sembarang asalakan tanah tersebut subur dan gembur.

2. Siapkan arang sekam dan pupuk kandang. Campuran arang sekam berguna agar supaya media semai dapat gembur dan tidak padat sehingga mempermudah pemindahan benih yang sudah tumbuh ke media tanam. Sebaiknya pupuk kandang yang bagus di gunakan ialah pupuk kandang yang mengandung trichoderma (Tricho kompos)

3. Campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang yang baik adalah dengan perbandingan 3:2:1 dimulai dari tanah : arang sekam : pupuk kandang.

4. Setelah tercampur dengan merata, dinginkan campuran yang sudah anda buat kurang lebih selama 10 sampai 14 hari. Maksud dari mendinginkan adalah dengan cara meletakan media semai di tempat yang terbuka dan tidak terkena oleh sinar matahari langsung dan tidak tersiram air hujan secara langsung.

5. Setelah media semai sudah di dinginkan selama 10 -14 hari, Media bisa langsung di gunakan untuk menabur benih cabai.

#Cara Menyemai Benih cabai

Cara Menyemai Benih cabai
Sumber Gambar (http://darma220.blogspot.co.id)

Setelah media semai campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang telah siap di gunakan. anda sudah siap untuk melangkah ke langkah selanjutnya yaitu penyemaian cabai :

1. Cara Semai Benihg Cabai di Bedengan


Cara Semai Benihg Cabai di Bedengan
Sumber Gambar (http://seringlupa.com)

  • Buatlah Bedengan dari media tanam yang sudah di siapkan sesuai kebutuhan anda.
  • Siramlah media semai dengan air secukupnya, jangan sampai menggenang.
  • Buatlah garis larikan dengan jarak antar larikan 3 cm agar benih yang di tabur tidak behimpitan.
  • sebelum menabur benih sebaiknya benih di rendam dengan air hangat selama 6 jam, dan bisa di tambahkan ZPT secukupnya untuk mempercepat kecambah tumbuh. kemudian taburkan pada larikan dengan jarak 2 - 3 cm lalu tutupi dengan tanah halus setebal 0,5 cm agar memudahkan bibit cepat muncul kepermukaan.
  • Semprotlah media semai dengan insektisida untuk mencegah semut atau serangga.
  • Kemudian tutuplah bedengan dengan mulsa plastik selama kurang lebih satu minggu sampai benih tumbuh.
  • Ceklah kelembapan setiap hari, usahaka media semai tetap terjaga kelembapanya. 
  • Setelah seminggu saat benih tumbuh secara bersamaan, buka mulsa plastik dan gantikan dengan membuatkan naungan di atas media tanam sekitar 1 meter untuk menghindari cahaya matahri dan air hujan berlebih.

2. Cara Semai Benih Cabai di Polybag atau Pot Dari Gelas Air Mineral


Cara Semai Cabai Di Gelas Plastik Bekas Air Mineral
Sumber Gambar (http://youtube.com)

  • Siapkan polybag dengan ukuran 6 x 8 cm atau gelas bekas air mineral yang di buatkan lubang di bawah untuk drainase.
  • Isikan dengan media semai yang telah di persiapkan kemudian susun dengan rapi.
  •  Benih di rendam dulu sebelumnya dengan air hangat selama 6 jam, dan bisa di tambahkan ZPT secukupnya untuk mempercepat kecambah tumbuh.
  • Tabur benih yang sudah di rendam satu persatu ke dalam wadah (satu wadah di isi dengan 1 biji) dan tutup kembali dengan ayakan tanah setebal kurang lebih 0,5 cm.
  •  Tutup dengan plastik mulsa dan sering seringlah mengecek kelembapan tanah. jika tanah di rasa kering siramlah sedikit demi sedikit dan usahakan jangan samapi air tergenang di dalam wadah.
  •  Setelah 6 - 7 hari benih sudah tumbuh serentak, ganti mulsa dengan membuat para - para untuk naungan setinggi 1 meter.
Baca (Media Penanaman Cabai di Ladang atau Polybag)
Setelah benih yang di semaikan telah tumbuh daun sebanyak 4 sampai 6 lembar, proses selanjutnya adalah memindahkan ke media tanam. Media tanam bisa berupa Pot, Polybag atau di tanam di bedengan.

Komentar